Sabtu, 26 November 2011

Sakit Tenggorokan tak Sembuh-sembuh,Bagaimana Mengatasinya?


Saya seorang mahasiswa berusia 20 tahun, saya mengalami sakit tenggorokan selama lebih dari 3 bulan. Tenggorokan saya selalu terasa kering dan terasa bengkak, semua hal ini membuat saya tidak nyaman, bahkan kadang-kadang terasa sakit pada bagian leher (bawah rahang). Saya telah pergi berobat ke dokter umum, dan dokter hanya berkata sakit tenggorokan biasa, tapi itu hanya mengurangi sakit beberapa waktu saja.
Seminggu yang lalu saya berinisiatif untuk berobat pada dokter spesialis THT di rumah sakit terkenal di Surabaya. Beliau mengatakan bahwa saya mengalami faringitis kronis. Dokter memberikan sesuatu pada tenggorokan saya (semacam cairan) yang membuat tenggorokan saya membengkak beberapa jam, dokter menjelaskan kalau itu memang efek obat dan mengolesi obat pada tenggorokan saya dan beberapa obat (antibiotik, obat kumur dan obat racikan).
Tetapi sampai sekarang saya tidak merasa baikan, sebenarnya penyakit apa yang saya alami? Apakah perlu pemeriksaan lanjutan? Terima kasih sebelumnya.
Artasari,20 tahun -  Sidoarjo
Jawaban :
Hai Arta, pasti tidak nyaman rasanya ya.. Faringitis Kronis merupakan peradangan dinding belakang Faring tenggorokan yang sudah berlangsung lama (lebih dari 3 bulan), biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, namun keluhan nyeri dapat menghebat apabila terjadi serangan akut.
Faringitis kronis sendiri dapat ditemukan sebagai kelainan tersendiri di faring atau sebagai kelanjutan infeksi saluran nafas atas lainnya. Penyebabnya dapat disebabkan infeksi virus (40-60%), bakteri (5-40%) dan alergi.
Ada beberapa faktor predisposisi terjadinya faringitis kronis, diantaranya:
- Rhinitis kronis, Sinusitis
- Radang di daerah mulut, Caries gigi, infeksi amandel.
- Makanan dan minuman yang merangsang iritasi tenggorokan (pedas, asam, dingin, gorengan dan alkohol).
- Polusi udara, karena debu, asap rokok atau daerah industri.
- Merokok.
- Pasien yang biasa bernafas melalui mulut karena hidung tersumbat.

Manifestasi klinis timbul rasa sakit tenggorokan, rasa gatal, kering dan berlendir yang sukar dikeluarkan dari tenggorokan, batuk serta terasa mengganjal di tenggorokan.
Penatalaksanaan-nya:
- Antibiotik bila terdapat infeksi bakteri.
- Mencari dan mengobati kelainan lain yang mendasari, bila didapatkan masalah dihidung, sinus paranasalis maka harus diobati.
- Lokal, dapat dilakukan kaustik dengan AgNO3 atau elektrokauter.
- Terapi simptomatis seperti obat batuk, obat nyeri atau obat demam.
- Banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban daerah faring.
- Menghindari polusi, tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memancing iritasi tenggorokan.

Dari gejala yang kamu alami, kemungkinan besar memang kamu menderita Faringitis Kronis Eksaserbasi akut yang sering kambuh-kambuhan. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter THT lebih lanjut untuk mencari dan mengobati kelainan lain yang mendasar. Semoga jelas dengan penjelasan ini ya. Salam. (SB)

dr. Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar