Jumat, 06 Januari 2012

STANDART OPERATIONAL PROSEDURE (SOP 8) INJEKSI INTRA MUSKULAR

STANDART OPERATIONAL PROSEDURE (SOP 8)
INJEKSI INTRA MUSKULAR

Nama Mahasiswa   :…………….
NIM                        :
No
Aspek yang di nilai
Nilai
1
2
3
4
1.
A. Persiapan alat
Vaksin yang akan disuntikkan, spuit, sarung tangan, kapas alkohol,plester,  bengkok atau tempat sampah medis





B. Tahap pre interaksi




2.
Cek catatan perawatan dan catatan medis klien




3.
Cuci tangan




4.
Siapkan obat sesuai prinsip 7 benar





C. Tahap Orientasi




5.
Berikan salam, panggil klien/keluarga dengan namanya




6.
Jelaskan tujuan, prosedur dan lama tindakan pada keluarga





D. Tahap Kerja




7.
Berikan kesempatan klien atau keluarga untuk bertanya sebelum kegiatan dimulai




8
Memulai tindakan dengan cara yang baik




9
Berikan privasi pada klien




10.
Gunakan sarung tangan




11.
Bantu klien untuk mendapatkan posisi yang nyaman




12.
Letakkan alas dibagian tubuh yang akan dilakukan terapi IM




13.
Bersihkan tempat yang akan digunakan dengan kapas alkohol




14.
Buka tutup jarum




15.
Tarik kulit di tempat penusukan dengan cara:
-     Tempatkan ibu jari dan jari telunjuk tangan non dominan diatas tempat penusukan (hati-hati jangan samapi mengenai daerah yang telah dibersihkan) hingga berbentuk V
-         Tarik ibu jari dan jari telunjuk dengan arah berlawanan, memisahkan jari sepanjang 3 inci.




16.
Cepat masukkan jarum tepat dengan sudut 90 derajat dengan tangan yang dominant




17.
Pindahkan ibu jari telunjuk non dominant dari kulit untuk mendukung barel spuit, jari sebaiknya ditempatkan pada barel sehingga saat inspirasi dan dapat melakukan barel dengan jelas




18.
Tarik plunger dan observasi adanya darah pada spuit




19.
Jika terdapat darah tarik jarum, keluarkan dan berikan tekanan pada tempat tusukan kemudian ulangi langkah ke 6-13. Jika tidak ada darah dorong plunger dengan perlahan




20.
Cabut jarum dengan sudut yang sama saat disuntikkan




21.
Buka sarung tangan




22.
Buang alat-alat yang sudah tidak diperlukan ke dalam tempat sampah medis





E. Tahap Terminasi




23.
Evaluasi kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan (subjektif dan objektif)




24.
Simpulkan hasil kegiatan




25.
Berikan reinforcement positif pada keluarga




26.
Lakukan kontrak untuk kegiatan selanjutnya




27.
Akhiri kegiatan




28.
Cuci tangan





F. Dokumentasi




29.
Catat hasil tindakan dalam catatan keperawatan





TOTAL  NILAI




Nilai 1     : Tidak dilakukan (25%)
Nilai 2     : Dilakukan salah (50%)
Nilai 3     : Dilakukan kurang tepat (75%)
Nilai 4     : Dilakukan dengan sempurna (100%)









Penilaian (jumlah nilai yang didapat X 100) /jumlah item yang dinilai
Evaluasi.........................................
Saran.............................................                                                              Tanjungpinang                  2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar