STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP 15)
POSTURAL DRAINASE
PADA ANAK
Nama mahasiswa :
NIM :
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
A. Persiapan alat
|
|
|
|
|
1.
|
Bantal, Bengkok, tisu
Balon
|
|
|
|
|
|
B. Tahap pre-interaksi
|
|
|
|
|
2.
|
Baca catatan keperawatan dan
catatan medis klien
|
|
|
|
|
3.
|
Siapkan alat-alat
|
|
|
|
|
|
C. Tahap orientasi
|
|
|
|
|
5.
|
Berikan salam, panggil nama klien
|
|
|
|
|
6.
|
Jelaskan prosedur dan tujuan
tindakan kepada klien/keluarga
|
|
|
|
|
|
D. Tahap kerja
|
|
|
|
|
7.
|
Berikan kesempatan klien/keluarga
untuk bertanya sebelum kegiatan
dimulai
|
|
|
|
|
8.
|
Tempatkan anak pada posisi dimana
postural drainase akan dilakukan
|
|
|
|
|
9.
|
Beritahu anak untuk nafas dalam.
Anak juga dapat menggunakan botol tiup khusus, coba untuk meniup balon dan
meniup gelembung. Hal ini dapat membantu anak menarik nafas dalam dan
menyebabkan anak batuk
|
|
|
|
|
10.
|
Tungkupkan tangan pada tempat yang
diberi tanda gelap dalam gambar kira-kira 1 menit
|
|
|
|
|
11.
|
Kemudian minta anak untuk nafas
dalam dan vibrasikan area tersebut saat ia mengeluarkan udara. Ulangi sampai
tiga kali pernafasan. Bila anak terlalu kecil untuk memahami bagaimana
bernafas dalam dan perlahan, vibrasikan saja selama beberapa pernafasan
|
|
|
|
|
12.
|
Dekatkan bengkok dan tisu ke dekat
sisi anak
|
|
|
|
|
13.
|
Beritahu anak untuk batuk. Karena
mungkin ia tidak dapat batuk bila berbaring, bantu ia untuk duduk agar batuk
dalam dapat dilakukan dengan baik
|
|
|
|
|
14.
|
Ulangi langkah 2 sampai 7 untuk
setiap posisi yang berbeda
|
|
|
|
|
15.
|
Lakukan prosedur tersebut pada
kedua sisi paru, baik paru kanan maupun paru kiri
|
|
|
|
|
16.
|
Gunakan waktu kira-kira 20 sampai
30 menit untuk tiap sesi
|
|
|
|
|
17.
|
Perhatikan anak dengan cermat
untuk tanda-tanda adanya kelelahan. Postural drainase harus dihentikan
sebelum anak lelah. Tindakan ini dapat dilanjutkan setelah anak beristirahat
|
|
|
|
|
|
E. Tahap terminasi
|
|
|
|
|
14.
|
Mengobservasi reaksi pasien
|
|
|
|
|
15.
|
Membuat kontrak selanjutnya
|
|
|
|
|
16.
|
Mencuci tangan
|
|
|
|
|
17
|
Mendokumentasikan tindakan
keperawatan
|
|
|
|
|
|
TOTAL NILAI
|
|
|
|
|
Nilai 1 : Tidak dilakukan (25%)
Nilai 2 : Dilakukan salah (50%)
|
Nilai 3 : Dilakukan kurang tepat (75%)
Nilai 4 : Dilakukan dengan sempurna (100%)
|
Penilaian (jumlah nilai yang didapat
X 100) /jumlah item yang dinilai
Evaluasi.........................................
Saran.............................................
Tanjungpinang 2010
Evaluator
................................
SOP yang bagus...
BalasHapusizin copas ya...
thx...
thank u,, iya, jangan sungkan untuk mampir ya..
BalasHapus