Jumat, 06 Januari 2012

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP 5) TEPID SPONGING

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP 5)
 TEPID SPONGING

NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1
2
3
4
1
A.                         Persiapan alat
1.    Baskom mandi., Air hangat., Selimut mandi., Termometer., Waslap. Bantal tahan air.. Sarung tangan disposable.





B. Tahap pre-interaksi




2.
Baca catatan keperawatan dan catatan medis klien




3.
Siapkan alat-alat dan privasi ruangan




4.
Cuci tangan





C. Tahap orientasi




5.
Berikan salam, panggil nama klien




6.
Jelaskan prosedur dan tujuan tindakan kepada klien/keluarga





D. Tahap verja




7.
Berikan klien kesempatan bertanya sebelum kegiatan dilakukan




8.
Pastikan privasi klien terjaga




9.
Ukur suhu dan nadi anak.




10
Letakkan bantal tahan air dibawah tbh anak dan lepaskan pakaian.




11.
Pertahankan selimut mandi diatas bagian tubuh yg tdk dikompres. Tutup jendela dan pintu untuk mencegah aliran udara ke dlm  ruangan.




12.
Periksa suhu air.




13.
Celupkan waslap dlm air dan letakkan waslap yg sdh basah dibawah masing-masing aksila dan lipat paha, Bila menggunakan bak mandi, rendam anak selama 2-3 menit.




14.
Dgn perlahan kompres ekstremitas selama 5 menit. Periksa respon anak.




15.
Keringkan ekstremitas dan kaji ulang nadi dan suhu tbh anak. Observasi respon klien thd terapi.




16.
Lanjutkan mengkompres akstremitas lain, punggung dan bokong setiap 5 menit. Kaji ulang suhu dan nadi tiap 15 menit.




17.
Ganti air dan lakukan kembali kompres pada aksila dan lipatan paha sesuai kebutuhan.




18.
Bila suhu tubuh turun sedikit diatas normal (380C) hentikan prosedur.




19
Keringkan ekstremitas dan bagian tbh scr menyeluruh. Selimuti anak dgn selimut mandi.




20
Buang perlahan dan ganti linen tempat tidur bila basah.




21
Ukur suhu tubuh anak.




22
Catat pada catatan perawat bahwa prosedur telah dilakukan dan dihentikan, perubahan vital sign seperti adanya menggigil.





E. Tahap terminasi




18.
Evaluasi perasaan klien




19.
Simpulkan hasil kegiatan




20.
Lakukan kontrak untuk kegiatan selanjutnya




21.
Bereskan alat-alat




22.
Cuci tangan





F. Dokumentasi




23.
Catat hasil tindakan dalam catatan keperawatan





TOTAL NILAI






Nilai 1  : Tidak dilakukan (25%)
Nilai 2  : Dilakukan salah (50%)
Nilai 3  : Dilakukan kurang tepat (75%)
Nilai 4  : Dilakukan dengan sempurna (100%)
Penilaian (jumlah nilai yang didapat X 100) /jumlah item yang dinilai
Evaluasi.........................................
Saran.............................................                                                     
Tanjungpinang                  2010
                                                                                                         Evaluator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar