Jumat, 06 Januari 2012

STANDART OPERATIONAL PROSEDURE (SOP 7) INJEKSI INTRADERMAL/INTRA CUTAN


STANDART OPERATIONAL PROSEDURE (SOP 7)
INJEKSI INTRADERMAL/INTRA CUTAN

Nama Mahasiswa   :…………….
NIM                        :
No
Aspek yang di nilai
Nilai
1
2
3
4
1.
A. Persiapan alat
Vaksin yang akan disuntikkan, spuit, sarung tangan, kapas alkohol, plester,  bengkok atau tempat sampah medis.





B. Tahap pre interaksi




2.
Cek catatan perawatan dan catatan medis klien




3
Cuci tangan




4
Siapkan alat-alat dan obat dengan prinsip 7 benar





C. Tahap orientasi




5.
Berikan salam, panggil klien/keluarga dengan namanya




6.
Jelaskan tujuan, prosedur dan lama tindakan pada keluarga





D. Tahap kerja




7.
Berikan kesempatan klien atau keluarga untuk bertanya sebelum kegiatan dimulai




8.
Memulai tindakan dengan cara yang baik




9.
Berikan prifasi pada klien




10.
Gunakan sarung tangan




11.
Pilih tempat tusukan yang disesuaikan dengan jenis vaksin yang akan diberikan




12.
Jaga posisi anak agar tidak berubah-ubah




13.
Bersihkan area yang akan ditusuk dengan kapas  alkohol




14.
Buka tutup jarum




15.
Tempatkan ibu jari yang tidak dominan sekitar 1 inci dibawah tempat penusukan dan tarik kulit




16.
Dengan ujung jarum menghadap keatas dan menggunakan tangan dominan, masukkan jarum tepat dibawah kulit dengan sudut 10-15 derajat




17.
Jika jarum telah masuk ke bawah kulit dan terlihat, masukkan lagi sekitar 1/8 inci kemudian masukkan vaksin perlahan-lahan dan perhatikan adanya jendulan (jendalan harus terbentuk)




18.
Cabut jarum dengan sudut yang sama saat disuntikkan




19.
Jika terdapat darah, usap dengan lembut menggunakan kapas yang lain




20.
Buka sarung tangan




21.
Kembalikan posisi anak




22.
Buang alat-alat yang sudah tidak diperlukan ke dalam tempat sampah medis





E. Tahap Terminasi




23.
Evaluasi kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan (subjektif dan objektif)




24.
Simpulkan hasil kegiatan




25.
Berikan reinforcement positif pada keluarga




26.
Lakukan kontrak untuk kegiatan selanjutnya




27.
Akhiri kegiatan




28.
Cuci tangan





F. Dokumentasi




29.
Catat hasil tindakan dalam catatan keperawatan





TOTAL  NILAI




Nilai 1  : Tidak dilakukan (25%)
Nilai 2  : Dilakukan salah (50%)
Nilai 3  : Dilakukan kurang tepat (75%)
Nilai 4  : Dilakukan dengan sempurna (100%)









Penilaian (jumlah nilai yang didapat X 100) /jumlah item yang dinilai
Evaluasi.........................................
Saran.............................................                           
Tanjungpinang                  2010
                                                                                                         Evaluator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar