Selasa, 01 Februari 2011

Tujuh Makanan Terbaik Bagi Wanita


Ingin mengetahui jenis makanan terbaik untuk membantu wanita menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, bahkan membuat suasana hati menjadi lebih baik?

Ada tujuh macam makanan yang terbukti memiliki manfaat besar bagi Anda, baik yang sudah menjadi ibu maupun yang masih lajang. Kabar baiknya lagi, semua makanan yang akan mengubah hidup Anda ini tersedia di supermarket terdekat di kota Anda, dikutip dari laman Modern Mom.

1. Blueberry

Buah ini mengandung antioksidan dan phytoflavinoids. Selain itu tinggi kandungan kalium dan vitamin C-nya. Dengan mengonsumsi blueberry, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, mencegah hilangnya memori, membantu menurunkan tekanan darah, bahkan membantu melawan keriput!

2. Salmon

Ikan salmon mengandung dua jenis Omega-3, termasuk DHA, asam lemak esensial yang baik untuk kehamilan. Manfaat lainnya ialah meningkatkan suasana hati, melawan depresi, dan dapat melindungi Anda dari penyakit Alzheimer dan kanker.

3. Makanan coklat berwarna gelap

Siapa bilang Anda dilarang makan coklat. Anda boleh saja mengonsumsinya, asalkan Anda memastikan coklat warnanya gelap dan berkualitas baik. Ini mengandung antioksidan dan dapat mengurangi risiko stroke, tekanan darah rendah, hidrat kulit, dan mempertajam pemikiran seseorang.

Carilah coklat yang memiliki kadar kakao (biji coklat) tinggi atau lebih dari 60%. Makin gelap warnanya, makin baik.

4. Teh

Kekuatan antioksidan yang terkandung dalam teh hitam sama seperti yang dimiliki teh hijau. Yakni mengandung ECGC (molekul yang terkandung dalam teh hijau), antioksidan kuat yang dapat melawan penyakit jantung dan membantu mencegah demensia, diabetes, dan stroke.

Para peneliti di Spanyol dan Inggris juga menemukan bahwa ECGC dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Jadi, menyeruput teh setiap hari akan sangat baik untuk kesehatan Anda. Selain manfaat di atas, minuman ini juga dapat membantu Anda membakar kalori lebih banyak!

5. Kedelai

Manfaat mengonsumsi kacang kedelai ternyata sangat mengesankan. Sebuah studi tahun 2003 yang dilaporkan dalam The Journal of American Medical Association menunjukkan kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Kacang kedelai dapat dijadikan aneka hidangan, makanan atau minuman. Misalnya, makanan tahu atau susu kedelai. Tetapi waspadalah, jika di keluarga Anda memiliki riwayat kanker payudara, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi hidangan yang berbahan kedelai.

6. Avocado atau alpukat

Buah ini mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Alpukat juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena lemak pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yang dikandung dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh. Lemak pada alpukat juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

7. Brokoli

Ibu rumah tangga dan wanita lajang disarankan untuk senantiasa mengonsumsi sayuran brokoli. Sayur ini terbukti mampu membantu mencegah kanker payudara dengan menjaga kelebihan estrogen.

Sayur rokoli kaya akan Vitamin C dan A, serat, asam folat, kalsium, besi dan kalium. Sayuran ini bisa dimakan setelah dimasak atau mentah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar