Rabu, 16 Februari 2011

Teknik Memotong Tali Pusat

Teknik Memotong Tali Pusat

  1. Pengertian Tali Pusat

1. Tali pusat atau Umbilical Cord adalah saluran kehidupan bagi janin selama dalam kandungan.

2. Dikatakan saluran kehidupan karena saluran inilah yang selama 9 bulan 10 hari menyuplai zat-zat gizi dan oksigen kejanin. (www.Flickr.com)

  1. Proses Pembentukan Tali Pusat Pada Janin

Mesoderm connecting stalk yang juga memiliki kemampuan angiogenik, kemudian akan berkembang menjadi pembuluh darah dan connecting stalk tersebut akan menjadi tali pusat. Pada tahap awal perkembangan, rongga perut masih terlalu kecil untuk usus yang berkembang, sehingga sebagian usus terdesak ke dalam rongga selom ekstraembrional pada tali pusat. Pada sekitar akhir bulan ketiga, penonjolan lengkung usus (intestional loop) ini masuk kembali ke dalam rongga abdomen janin yang telah membesar.Kandung kuning telur (yolk-sac) dan tangkai kandung kuning telur (ductus vitellinus) yang terletak dalam rongga korion, yang juga tercakup dalam connecting stalk, juga tertutup bersamaan dengan proses semakin bersatunya amnion dengan korion.

  1. Persiapan Alat yang Diperlukan

    1. Arteri klem 2 buah
    2. Gunting Steril 1 buah
    3. Sarung Tangan Steril 1 pasang
    4. Benang steril pengikat pusat 1 helai
    5. Selimut Kering dan bersih 1 buah
    6. Perlak pengalas 1 buah

  1. Teknik Memotong Tali Pusat

Dengan menggunakan klem DTT, lakukan penjepitan tali pusat dengan klem pada sekitar 3 cm dari dinding perut (pangkal pusat) bayi. Dari titik jepitan, tekan tali pusat dengan dua jari kemudian dorong isi tali pusat ke arah ibu (agar darah tidak terpancar pada saat dilakukan pemotongan tali pusat). Lakukan penjepitan kedua dengan jarak 2 cm dari tempat jepitan pertama pada sisi atau mengarah ke ibu. Pegang tali pusat di antara kedua klem tersebut, satu tangan menjadi landasan tali pusat sambil melindungi bayi, tangan yang lain memotong tali pusat di antara kedua klem tersebut dengan menggunakan gunting disinfeksi tingkat tinggi atau steril (Gambar 3). Setelah selesai digunting segera ikat tali pusat bayi dengan benang pusat, ikatan harus kecang dengan simpul mati.Setelah memotong tali pusat, ganti handuk basah dan selimuti bayi dengan selimut atau kain yang bersih dan kering. Pastikan bahwa kepala bayi terselimuti dengan baik. (Sumber: Martin, 1996)




DAFTAR PUSTAKA

Martin. 2007. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta : EGC

Persis Mary Hamilton. Dasar-Dasar Keperawatan Maternitas Edisi 6. 1995. Jakarta : EGC

http://moveamura.wordpress.com/maternity/

Juniarti dkk. 1995. Asuhan Keperawatan Perinatal. Jakarta : EGC

Video Memotong tali pusat yang benar dan salah

Teknik Benar
video

Teknik Salah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar