Kamis, 14 Oktober 2010

Ternyata Laki-laki Juga Bisa Menopause

Menopause selama ini hanya milik perempuan. Penurunan hasrat dan kemampuan seks seakan tak berlaku pada laki-laki. Padahal menurut ahli, laki-laki pun mengalami menopause.

Istilah menopause memang milik perempuan. Pada laki-laki, istilahnya berubah menjadi Andropause. Ciri-cirinya pun mirip dengan perempuan yang mengalami menopause.

Mulai usia 30 tahun laki-laki akan kehilangan 10 persen jumlah hormon testosteronnya tiap sepuluh tahun. Seperti dikutip dari Fox News, Rabu (16/9/2009) di usia 70 tahun, testosterione laki-laki hanya setengah dari saat usianya masih 20-an.

berkurangnya jumlah hormon akan mempengaruhi kondisi fisik laki-laki termasuk kemampuan seksualnya. Laki-laki akan mengalami sejumlah emosi negatif seperti depresi, putus asa dan mood yang buruk karena kemampuan seksualnya tak seprima dulu.

Dari segi fisik, rambut yang mulai laki-laki serta kondisi tulang yang mulai rapuh akan semakin membuat para laki-laki merasa lemah. hal itu juga mempengaruhi sisi psikologisnya.

Jadi bagi laki-laki, ada baiknya mempersiapkan diri menghadapi Andropause, seperti yang selama ini dilakukan perempuan.(detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar